LOADING

100%

YUK, AJAK SI KECIL BEROLAHRAGA!

May 28, 2018

Olahraga merupakan hal yang penting, serta wajib dilakukan oleh setiap oarang. Dengan melakukan olahraga, akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Olahrga tidak hanya penting dan wajib dilakukan bagi orang dewasa, namun alangkah baiknya sejak dini, anak – anak sudah mengenal olahraga. Usia anak – anak (terlebih balita) umumnya rentan terhadap penyakit, dikarenakan daya tahan tubuh yang belum sempurna.

Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, disamping tentunya asupan yang bergizi serta seimbang, istirahat yang cukup, dan senantiasa menjaga kebersihan. Tahukah Moms, mamfaat dari olahraga bagi si kecil?

Dengan keseharian yang sekarang sangat lekat sekali teknologi untuk si kecil, seringkali membuat si kecil sedikit bergerak. Waktunya sehari – hari hanya dihabiskan didepan televisi ataupun gadget. Jika hal ini dibiarkan berlarut – larut, tentunya akan berakibat tidak baik untuk perkembangan fisik dan kesehatan si kecil. Berikut adalah manfaat berolahrga bagi si kecil;

Meningkatkan Kesehatan

Masalah kelebihan berat badan atau obesitas pada anak – anak akan meningkatkan faktor resiko penyakit diabetes dan darah tinggi 3 (tiga) kali lipat saat dewasa. Dengan melakukan aktivitas fisik, seperti Olahraga akan membantu untuk membakar kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, dengan begitu mampu mencegah obesitas.

Meingkatkan Kecerdasan

Dengan melakukan olahraga yang rutin, akan membantu meningkatkan kecerdasan pada otak.

Menurut penelitian, olahraga berpotensin untuk membantu mengajarkan anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas, serta mengatur waktu lebih efektif.

Lebih Sportif

Dengan membiasakan si kecil berolahraga, akan mengajarkan si kecil bisa menghargai kalah dan menang secara sportif. Hal ini berguna untuk nantinya, saat mereka dewasa. Ketika dewasa, si kecil akan membawa sikap sportif dan membuat mereka lebih menghargai teman dan berusaha melakukan yang terbaik dan sportif.

Sarana Sosialisasi

Dengan berolahraga dapat menjadi sbeuah jaringan sosial instan bagi anak – anak. Kerja sama kelompok/tim pada olahraga akan menawarkan persahabatan dan kekompakan antar anggota. Dan ini akan membantu anak untuk menjalin persahabatan.

Membangun Percaya Diri

Olahraga akan memberikan kesempatan pada anak untuk belajar, berprestasi, serta berpikir positif tentang diri sendiri, dengan melalui keterampilan.

Dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga mampu menumbuhkan citra diri yang sehat dan penilailan positif terhadap diri sendiri.

Mengajarkan Kerjasama

Olahraga yang mempunya jenis berkelompok, seperyi voli ataupun sepakbola yang membutuhkan kerja sama tim yang baik. Dengan begitu, bermanfaat untuk anak – anak berkerja sama dengan anggota lain, memahami aturan, serta mendengarkan perlatih agar berprestasi. Menjadi bagian kelompok dan belajar melakukan yang terbaik untuk sim menjadi salah satu manfaat berolahrga.

Memberikan Kebahagian

Olahraga adalah permainan. Permainan yang baik dan bertujuan untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi baik.

Lalu olahraga apa yang tepat dikenalkan ke anak sejak usia dini? Berikut diantaranya;

Jogging

Olahraga yang satu ini merupakan salah satu olahraga yang sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh anak usia berapapun. Ajak anak berlari – lari kecil di taman dekat rumah.

Senam

Mulailah dengan gerakan kecil dan sederhana. Ajak anak melihat beberapa senam anak. Iringi dengan musik yang menyenangkan, supaya anak – anak tertarik untuk mengikuti gerakannya.

Dengan melakukan senam secara rutin, dapat menambah kelenturan tubuh bagi si kecil, serta melancarkan peredaran darah.

Bersepeda

Bersepeda merupakan hal yang di gemari oleh anak – anak. Aktivitas satu ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan pada anak.

Mulailah dari roda empat, lalu bertahap ke roda tiga, dan selanjutnya roda dua. Dengan membiasakan bersepeda, lamban laun anak – anak akan menikmati aktivitas sepeda.

Bermain Basket

Permainan yang satu ini, cukup akrab di arena permain di mall. Dengan begitu, anak – anak sudah cukup mengenalnya.

Sarana permainan basket untuk balita sudah banyak di jual di toko permainan. Dengan berlatih basket, dengan memasukan bola ke dalam keranjang akan melatih motorik pada anak.

Berenang

Olahraga satu ini baik dikenalkan sejak dini, karena bermanfaat untuk melatih motorik pada si kecil, terlebih kaki. Selain itu, berenang merupakan aktivitas alami dan sontan yang dialami oleh bayi. Karena hal ini mengingatkan bayi saat masih di dalam rahim. Dimana bayi yang berada ditengah – tengah air ketuban terbiasa beraktivitas dengan gerakan renang. Sehingga, jangan takut mengajak bayi berenang sejak dini. Karena secara alami anak terutama usia bayi akan menyesuaikan tubuh ketika berada di dalam air.

Sepak Bola

Permainan satu ini cukup populer di Indonesia, begitupun dikalangan anak – anak. Dengan melatih anak bersepak bola akan bermanfaat untuk sensorik pada anak. Ajak anak bermain di halaman rumah atau taman perumahan.

Menari

Menarik merupakan gerakan olahraga yang mudah dilakukan. Ajak si kecil berolah gerak melalui tayangan musik anak yang disertai tarian. Ajarkan gerakan – gerakan yang sederhana pada anak untuk bergoyang mengikuti irama lagu. Tentunya selain sehat dapat membuat anak terhibur.

Sebagai langkah awal untuk memperkenalkan olahraga pada anak, ajak anak untuk berlari, melompat, melempar, menyelam, berenang, dan lain – lain. Hal akan akan membuat anak – anak terbiasa untuk berolahrah, selain itu akan memberikan rasa senang anak. Sehingga, si kecil akan lebi mudah di ajak untuk berolahraga. Dan tentunya si kecil akan lebih sehat dan bugar.

Artikel Untuk Bunda Lainnya

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Kembali