LOADING

100%

NORMALKAH JIKA BALITA SERING MENGALAMI BATUK PILEK?

May 7, 2018

Si kecil mengalami batuk pilek? Tentu hal ini membuat seorang ibu khawatir. Batuk pilek yang dialami si kecil akan mempengaruhi mood, yang biasanya ceria menjadi pendiam.

Seorang balita akan lebih rentan mengalami penyakit batuk pilek daripada orang yang lebih tua dan dewasa, hal ini dikarenakan antibodi yang dimiliki. Balita belum membangun kekebalan tubuh (antibodi) ke lebih dari 100 virus berbeda yang dapat menyebabkan batuk pilek. Seorang anak yang belum berusia 7 tahun, sistem kekebalan pada tubuh (antibodi) belum kuat sepenuhnya.

Selain itu, seorang anak kecil sebelum usia sekolah memiliki sistem pernapasan atas (termasuk telinga dan bagian sekitarnya) belum berkembang sepenuhnya. Maka dari itu, hal ini memungkinkan virus dan bakteri untuk menyerang imunitas pada tubuh.

Penyakit batuk pilek merupakan gejala di saluran pernapasan  (respiratorik), termasuk saluran pernapasan bagian atas. Berikut dua hal penyebab penyakit ini, yakni infeksi dan alegri.

Batuk Pilek Infeksi

Batuk Pilek Infeksi disebabkan oleh kuman, mikroba, jasad renik, serta virus. Namun, penyebab yang sering terjadi dan terbesar ialah virus.

Ciri – ciri penyakit, si kecil akan terserang deman dan tubuh akan terasa pegal – pegal atau ngilu (Namun, biasanya si kecil tak mampu mengungkapkan dengan baik, sehingga para ibu bila memperhatikan bila si kecil sudah tampak lemas, dan tubuh mulai panas).

Rentang waktu kesembuhan : Untuk penyakit batuk pilek infeksi akan berlangsung selama 2 – 3 hari. (Dengan catatan, si kecil diberikan asupan makanan memenuhi gizi dengan baik, istrihat dengan cukup, serta melakukan semi bedrest).

Pengobatan : Untuk penyakit ini diperlukan istirahat yang cukup dan banyak mengonsumsi air putih, dengan begitu akan memulihkan stamina. Mengonsumsi air putih untuk penyakit ini sangat penting agar terhindar dari dehidrasi yang akan menambah demam dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Batuk Pilek Alergi

Bila batuk pilek yang dialami si kecil lebih dari 3 hari, hal ini menandakan bahwa penyebab batuk pilek ialah Alegri.

Penyebab pada batuk pilek alergi ialah adanya reaksi berlebihan yang terjadi pada saluran napas (tenggorokan / hidung) terhadap suatu pencetus.

Berikut faktor – faktor pencetus alergi yang terbagi menjadi tiga, yakni:

  • Lingkungan
  1. Debu rumah, tungau yang biasa terdapat pada karpet yang berbulu, boneka yang berbulu, gorden, serta tumpukan majalah/koran/buku.
  2. Bantal, guling, boneka, serta kapuk pada kasur.
  3. Asap, bisa berasal dari rokok, asap dari obat nyamuk, sampah, kendaraan bermotor, serta asap yang berasal dari dapur.
  4. Bulu binatang yang rontong. Misalnya, kucing atau anjing.
  5. Renovasi rumah, debu yang berasal dari bangunan, semen, bahkan bahan kimia, seperti pada cat.
  • Makanan
  1. Makanan dan minuman yang dingin.
  2. Permen
  3. Cokelat
  4. Kacang – kancangan.
  5. Gorengan
  • Hal lainnya
  1. Kelelahan fisik maupun psikis. Sehingga mengalami stress atau depresi dapat menjadi hal yang memungkinkan terkena penyakit ini.
  2. Aktivitas fisik yang berlebihan. Contohnya, teriak – teriak, berlari, main lompat tali, menangis, bahkan tertawa yang berlebihan.
  3. Cuaca atau musim. Perubahan cuaca yang ekstrim akan memungkinkan terkena penyakit ini. Misalnya, musim pancaroba.
  4. Infesksi respiratorik akut; batuk – pilek – demam (Flu).

Ciri – ciri pada batuk pilek alergi ialah batuk yang dialami susah sembuh (membandel), dan timbul secara berulang dalam rentang waktu yang cukup dekat.

Rentang waktu penyembuhan pada penyakit ini ialah lebih dari dua minggu.

Pengobatan: Jauhi pencetusnya sebisa mungkin dari si kecil, dengan begitu penyakit batuk pilek karena alegri lamban laun akan sembuh dengan sendiri. Namun perlu diingat, si kecil juga harus mendapatkan gizi yang memenuhi nutrisi pada tubuh, serta mengonsumsi air mineral untuk mengembalikan stamina pada si kecil.

Tips agar si kecil tidak mudah terkena batuk pilek:

  1. Mencuci tangan

Para ibu dianjurkan untuk mengajarkan si kecil untu selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah bermain di luar dan memegang hewan peliharaan. Dan jangan lupa untuk menggunakan sabun saat mencuci tangan.

Selain mencuci tangan, ajari si kecil untuk menjaga kebersihan tubuh dengan membiasakan mandi dua klai sehari, baik saat pagi dan sore.

  1. Asupan Nutrisi Bergizi

Asupan gizi yang baik, lengkap, serta berimbang bermanfaat untuk perkembangan si kecil. Tidak hanya berpengaruh akan berkembangan, namun asupan gizi yang baik akan menjaga kesehatan tubuh si kecil. Sehingga akan bermanfaat untuk meningkatkan antibodi, dengan begitu akan mampu untuk menahan serangan penyakit dari luar.

  1. Pakailah Masker

Gunakan masker pada si kecil, bila ada anggota keluarga atau orang – orang yang disekitarnya yang sedang terkena penyakit flu. Dengan menggunakan masker akan menuruni risiko tertular.

  1. Cukup waktu tidur

Waktu tidur yang cukup bermanfaat untuk mengembalikan stamina pada tubuh setelah seharian beraktivitas. Dengan waktu tidur yang cukup akan menjaga sistem kekebalan tubuh pada si kecil, sehingga akan tetap aktif.

Bila waktu istrirahat yang kurang pada si kecil, akan menurunkan sistem kekebalan pada tubuh si kecil dan rentan akan terserang penyakit dari luar.

  1. Istirahat saat sakit

Jika si kecil terkena penyakit batuk pilek dianjurkan untuk berisitirahat dengan cukup, hal ini berfungsi untuk memulihkan stamina pada tubuh.

Si kecil diberikan pengertian untuk bedrest, mengurangi aktivitas bermain dan perbanyak untuk istirahat.

  1. Ajarkan untuk aktif bergerak

Biasakan si kecil untuk aktif bergerak. Aktif bergerak termasuk berolahrga, karena bermanfaat untuk memicu proses metabolisme lebih optimal pada si kecil. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan energi dengan baik.

Dengan berolahraga menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kekebalan tubuh untuk tetap sehat dan fit.

Artikel Untuk Bunda Lainnya

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Kembali